Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pagar Rumah » Panduan Sederhana Membuat Pintu Pagar Minimalis

Panduan Sederhana Membuat Pintu Pagar Minimalis

(1556 Views) Agustus 13, 2017 7:12 pm | Published by | No comment

pintu pagar minimalis mestinya dirancang sesuai selera namun mengindahkan pada bentuk relevan dari konsep eksterior dan interior bangunan tersebut. Begitu banyak contoh pagar minimalis lengkap dengan desain pintunya untuk kita ulik dan bandingkan satu demi satu. Meski pagar dan pintunya kerap dipikirkan belakangan atau sekadar dianggap pelengkap bangunan, kegunaannya sangat vital. Pagar di sebuah bangunan tak hanya menjadi pembatas antara area bangunan dan lokasi di sebelahnya, namun benar-benar jadi pelindung. Tapi kecenderungan yang terjadi ialah merancangnya sebagai ornamen atau elemen dekoratif yang justru punya potensi kelemahan dari bentuk dan struktur. Panduan sederhana berikut semoga bisa memberikan masukan dan inspirasi untuk merancang pagar dan pintu secara tepat.

ü  Fungsi Pagar dan Pintu Minimalis

Sebelum merancang desain dan membuatnya, kita wajib tahu dan paham apa sebetulnya fungsi pagar dan pintu minimalis itu. Pagar di sebuah bangunan dipahami sebagai pelindung sekaligus pembatas area yang ada di dalam dan di sekitarnya. Merujuk pada kegunaannya yang pokok itu, pagar seharusnya mampu melindungi bangunan dan penghuninya supaya tak bebas sembarangan dimasuki orang lain atau binatang. Pintu dalam pagar bangunan berfungsi sebagai akses masuk keluar bagi penghuni dan tamu.

ü  Mengapa Pagar Minimalis?

Lalu mengapa membuat pagar minimalis? Alasannya bisa karena faktor anggaran. Ingin menghemat biaya pembuatan sehingga desainnya pun harus tepat guna dan tidak menyita waktu panjang dan anggaran tinggi. Konsep pagar minimalis kadang juga merupakan hasil penyesuaian pada desain bangunan dan eksteriornya.

Yang dimaksud konsep minimalis ini tentu bukan bentuk desain yang asal jadi berukuran lebih kecil. Diperlukan standar khusus untuk pembuatan desain pagar dan pintu minimalis sehingga fungsi utamanya tidak berkurang dan justru bisa dioptimalkan. Pagar dan pintu minimalis ini kian digemari karena bentuknya yang lebih modern dan elegan. Biaya pembuatannya pun lebih terjangkau dibandingkan membuat pagar-pagar tinggi berukuran besar.

ü  Jenis Desain Pagar Minimalis

Jenis pagar minimalis ini lumayan banyak kalau kita perhatikan dari desain pintunya. Ada pagar minimalis dengan model pintu buka tutup, pintu geser, dua pintu, dan sebagainya. Pemilihan jenis desain pagar minimalis dan pintunya ini tergantung pada kebutuhan pemilik bangunan yang ingin diselaraskan pada gagasan utama rumah dan eksteriornya.

ü  Material Pagar Minimalis

Gaya bangunan di masa lalu sebagian besar menggunakan pagar dari material kayu yang kadang dipadukan dengan semen atau beton. Untuk di zaman sekarang, sudah ada material khusus yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan pagar minimalis sekaligus pintunya. Material dari besi dirasa sudah sangat ideal untuk mendirikan pagar berukuran sedang hingga tinggi dengan jaminan mutu yang terbukti.

Jika pertimbangannya adalah faktor harga, material dari besi ini bisa direkomendasikan. Jenis-jenis dan ukurannya dikonsultasikan saja pada jasa yang akan mewujudkan gagasan pembuatan pagar dan pintu minimalis. Material yang dipilih itu akan aman dari risiko berkarat akibat pergantian musim, atau beberapa risiko lain seperti jebol akibat benturan benda keras.

ü  Optimalkan Fungsi dan Konteks Lokasi

Yang penting dalam perencanaan pembuatan pagar dan pintu minimalis ini ialah mengoptimalkan fungsinya. Konteks lokasi pun berpengaruh seperti kondisi tanah di atas pagar dan pintunya yang hendak dibangun. Sebelum mendirikan pagar dan pintunya itu harus diukur dulu secara cermat dan mempertimbangkan kondisi-kondisi lain yang bisa jadi berpengaruh pada fungsi utama pintu pagar minimalis.

Categorised in:

Comment Closed: Panduan Sederhana Membuat Pintu Pagar Minimalis

Sorry, comment are closed for this post.